Senin, 24 September 2018

JENIS JENIS JARINGAN KOMPUTER

TUGAS MANDIRI : 
JARINGAN KOMPUTER
• Buat resume untuk jenis-jenis jaringan
  komputer dan upload ke dalam blog mahasiswa:
– PAN
– LAN
– WAN
– MAN
• Resume dan Alamat blog dikirim ke email dosen
========================================================================

Jaringan komputer

adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer dan perangkat jaringan lainnya yang bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama. Tujuan dari jaringan komputer adalah: 

* Membagi sumber daya: contohnya berbagi pemakaian printer, CPU, memori, harddisk 

* Komunikasi: contohnya surat elektronik, instant messaging, chatting 

* Akses informasi: contohnya web browsing 
Agar dapat mencapai tujuan yang sama, setiap bagian dari jaringan komputer meminta dan memberikan layanan (service). Pihak yang meminta layanan disebut klien (client) dan yang memberikan layanan disebut pelayan (server). Arsitektur ini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer.




  

Jenis Jaringan Komputer 
Jenis Jaringan Komputer secara umum kita kenal ada 4 macam, yaitu LAN (Local Area Network), MAN (Metropolitan Area Network), WAN (Wide Area Network), PAN (Personal Area Network). Sedangkan, konsep dari Jenis Jaringan Komputer sama, yaitu untuk menghubungkan berbagai perangkat jaringan untuk dapat berkomunikasi dan berbagi sumber daya. Hanya yang membedakan adalah dari letak geologis-nya (mencakup wilayah dan area jaringan) dan teknologi yang digunakan (seperti penggunaan jenis kabel yang berbeda, IP Addressing sesuai kelas-nya, dan sistem keamanan (security) yang berbeda).  

Dibawah ini adalah jenis-jenis jaringan komputer :
1. PAN (Personal Area Network)
PAN atau Personal Area Network adalah jaringan komputer digunakan untuk komunikasi antara perangkat komputer,Jangkauan dari jaringan PAN biasanya hanya beberapa meter. Jaringan PAN dapat digunakan untuk komunikasi antara perangkat pribadi sendiri (komunikasiintrapersonal).

Beberapa Contoh Penggunaan Jaringan PAN,yaitu :

  • Menghubungkan HP dengan Laptop menggunakan Bluetooth.
  • Menghubungkan mouse dengan Laptop menggunakan Bluetooth.
  • Menghubungkan Printer dengan Laptop menggunakan Bluetooth
  •  




Contoh gambar jaringan PAN (Personal Area Network)

Disamping itu Jaringan PAN merupakan jaringan komputer yang biasa digunakan untuk komunikasi antara komputer perangkat (termasuk telepon dan asisten pribadi digital) dekat dari satu orang. Perangkat mungkin atau tidak milik orang tersebut. Jangkauan dari jaringan PAN biasanya beberapa meter. 


2. LAN (Local Area Network)
Jaringan LAN (Local Area Network) merupakan singkatan dari Local Area Network, yang mana merupakan sebuah jaringan komputer dengan skala kecil (local) seperti gedung perkantoran, sekolah atau rumah. LAN umumnya digunakan untuk berbagi resource dalam suatu gedung. LAN dapat berdiri sendiri, tanpa terhubung oleh jaringan luar atau internet. Namun apabila suatu LAN dihubungkan dengan beberapa LAN lainnya maka akan terbentuk suatu jaringan yang disebut Metropolitan Area Network (MAN).



                   


Contoh gambar jaringan LAN (Local Area Network)



Printer, salah satu resource yang sering dibagikan. Dengan menggunakan jaringan LAN anda dapat dengan mudah berbagi resource dengan komputer lain. Hal ini tentu sangatlah efisien, selain itu dengan berbagi resource anda juga dapat menghemat biaya pengeluaran anda. Sebab anda tidak perlu lagi untuk membeli perangkat seperti scanner, printer atau media penyimpanan untuk setiap komputer, anda cukup membeli satu lalu kemudian dibagi untuk dapat diakses pada komputer lain.

Selain dengan berbagi perangkat, anda juga dapat berbagi aplikasi software dengan perangkat lain, hal ini sangat efektif untuk mempermudah produktivitas waktu. Namun meski demikian, berbagi aplikasi software juga tidak selamanya lebih murah dibanding menginstall satu persatu software pada komputer. Sebab lisensi produk untuk setiap software tetap dibutuhkan pada saat peinginstalan.




 3. WAN (Wide Area Network)
WAN adalah singkatan dari istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris: Wide Area Network merupakan jaringan komputer yang mencakup area yang besar sebagai contoh yaitu jaringan komputer antar wilayah, kota atau bahkan negara, atau dapat didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik.

WAN digunakan untuk menghubungkan jaringan lokal yang satu dengan jaringan lokal yang lain, sehingga pengguna atau komputer di lokasi yang satu dapat berkomunikasi dengan pengguna dan komputer di lokasi yang lain.  



Keuntungan Jaringan WAN

• Server pusat dapat berfungsi sebagai bank data dari client ataupun server yang ada di cabang.

• Komunikasi antar cabang dapat menggunakan E-Mail & Chat.• Dokumen/File yang biasanya dikirimkan melalui fax ataupun paket pos, dapat dikirim melalui E-mail dan Transfer file dari server pusat ataupun server cabang dengan biaya yang relatif murah dan dalam jangka waktu yang sangat cepat.

• Pooling Data dan Updating Data antar cabang dapat dilakukan setiap hari pada waktu yang ditentukan.



Beberapa teknologi WAN antara lain adalah : Modem, ISDN, DSL, Frame Relay, T1, E1, T3, E3 dan SONET.






Contoh gambar jaringan WAN (Wide Area Network)


4. MAN (Metropolitan Area Network)
MAN atau kepanjangan dari Metropolitan Area Network adalah suatu jaringan di dalam suatu kota dengan mengirimkan data berkecepatan tinggi yang menghubungkan beberapa lokasi seperti perkantoran, kampus, pemerintahan, dan lain sebagainya. Jaringan MAN merupakan gabungan beberapa LAN. Jangkauan MAN ini antara berjarak 10 – 50 km. MAN adalah jaringan yang cocok untuk membangun jaringan antar perkantoran di dalam satu kota antara instansi/pabrik dan kantor pusat yang masih ada di dalam jangkauannya.






Contoh Gambar Jaringan MAN (Metropolitan Area Network)


    Keuntungan MAN:

 1.  Server kantor pusat dapat berfungsi sebagai pusat data dari kantor cabang.
 2.   Transaksi yang Real-Time (data di server pusat diupdate saat itu juga, contoh                        ATM  Bank untuk wilayah nasional)
3.   Komunikasi antar kantor bisa menggunakan e-mail, chatting
4.   dan Video Conference (ViCon).

Kerugian MAN:

1.   Biaya operasional mahal.
2.   Instalasi infrastrukturnya tidak mudah.
3.   Rumit jika terjadi trouble jaringan (network trouble shoot)

Cara kerja : Dengan cara menghubungkan dengan lebih dari 1 gateway dengan jarak  10km + biasanya digunakan pada perkotaan / perkantoran.

Berikut adalah karakteristik MAN yaitu:
1.  Meliputi area seluas antara 5-50km.
2.  Sebuah MAN (seperti WAN) umumnya tidak dimiliki oleh satu organisasi.
3. MAN sering bertindak sebagai jaringan kecepatan tinggi untuk memungkinkan berbagai sumber daya daerah
4.  MAN berukuran lebih besar dan biasanya memakai teknologi yang sama dengan LAN. 
5.  Hanya memiliki sebuah atau dua buah kabel dan tidak memiliki elemen switching, yang berfungsi untuk mengatur paket melalui beberapa output kabel .




Tidak ada komentar:

Posting Komentar